22 September 2013
22 September 2013,
 1

Assalamualaikum wr. Wb.

Hari raya Iedul Adha atau rayagung merupakan salah satu hari besar umat islam. Pada hari tersebut disunnahkan kita sebagai umat islam yang memiliki rezeki lebih untuk menyembelih hewan qurban.

Berqurban juga tertuang dalam Al Qur’an Surah Al Kautsar yang berbunyi : Sesungguhnya telah kami berikan nikmat yang banyak bagimu, maka dirikanlah shalat karena Tuhan-mu dan Berkurbanlah.

(QS Al-Kautsar 1-2)

Dalam hukumnya, berqurban pada hari raya iedul adha adalah sunnah muakaddah bagi yang mampu, atau sunnah yang sangat ditekankan untuk diamalkan. Pahala untuk setiap muslim yang berkurban pada hari raya idul adha akan langsung diterima oleh Allah SWT. Seperti diriwayatkan dalam salah satu hadist :

Menyembelih hewan qurban pada Hari Raya Iedul Adha adalah amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT, dan pahalanya sangat cepat diterima oleh-Nya sampai diibaratkan sebelum darah dari hewan sembelihan menyentuh tanah

(HR. Imam Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Maka dari itu, mari kita lakukan amalan yang sangat dicintai Allah SWT ini dengan ikhlas mengharap ridho-nya, sehingga Insya Allah akan membawa berkah bagi kita semua. Amiin.

Tips Memilih Hewan Qurban

Hewan qurban yang umumnya disembelih yaitu domba, sapi, dan unta. Namun hewan qurban yang paling banyak diminati di Indonesia khususnya di Jawa Barat adalah domba. Domba seperti apa yang terbaik untuk disembelih? Berikut tips untuk memilih domba qurban :

Tidak Cacat

Maksudnya adalah domba yang sehat dan lengkap seluruh tubuhnya. Hal ini dapat kita antisipasi dengan memilih dengan seksama domba yang akan dibeli. Lihat dalam kondisi domba berdiri agar terlihat seluruh badan domba. Domba yang tidak cacat berarti kulit dan bulu yang mulus tanpa luka, kakinya tidak pincang, tanduk yang utuh, kedua mata jernih, dan biji (torpedo) nya dipastikan ada 2 buah.

Cukup Umur

Domba yang dipilih sebaiknya yang sudah dewasa atau cukup umur. Umur domba sebaiknya yang sudah mencapai 1 tahun yang bisa dilihat dari perubahan gigi domba dari gigi susu menjadi gigi permanen (punglak gigi). Namun hal ini masih jadi perdebatan di kalangan ulama karena sebagian membolehkan domba yang berumur diatas 6 bulan. Karena domba yang berumur diatas 6 bulan sudah terlihat dewasa.

Domba Sehat

Secara sederhana domba qurban yang sehat dapat dilihat dengan sekilas saja. Hidung domba sehat akan jelas terlihat agak basah dan domba sehat memiliki nafsu makan yang baik.

Domba Gemuk

Domba yang dipilih sebaiknya yang gemuk agar domba yang kita pilih memiliki persentase tulang dan daging (Karkas) yang baik. Kita dapat mengetahui dengan meraba punggung belakang domba yang terkadang tertutup bulu yang lebat. Jika tulang punggung domba tertutup daging maka dapat dipastikan domba tersebut gemuk dan sehat.

Domba jantan

Yang terakhir pastikan domba yang kita pilih adalah domba jantan. Dan sebaiknya disaksikan saat proses penyembelihan.

Selamat berkurban, dan semoga tips ini dapat bermanfaat bagi seluruh sahabat muslim.

Wassalamualaikum wr. Wb.


Baca Juga : Jual Domba Qurban


One response on “Memilih Domba Qurban

  1. Reza Natadipura says:

    Klo domba nya betina gmn? bole disembelih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *